Takes at least two people to see the truth: one to speak and another to understand it

ORANG-ORANG AKUNTANSI DAN SEJENISNYA


Saya Awali dengan "Selamat Pagi dan Sukses Buat Kita Semua". Pagi ini seperti pagi-pagi sebelumnya saya melihat berita di TV dan saya melihat banyaknya iklan di TV yang menawarkan banyak hadiah.

Hadiah dan beberapa fasilitas tambahan yang ditawarin sepertinya menarik dan sepertinya cuma-cuma atau gratis. Inilah kepintaran, inilah kejeniusan, inilah strategi, inilah cara untuk menggoda, inilah cara untuk menarik konsumen.

Cara tersebut memang hebat (diluar tingkat keloyalan atau kepercayaan) namun setiap periode cara yang dipakai pasti akan berbeda-beda karena:
1. Evaluasi Program Periode yang Telah Berlalu
2. Ketersediaan Dana dalam Budget Planning Periode Berjalan
3. Situasi Pasar
4. Kesiapan

Dan dibalik itu semua ada sejumlah orang yang pintar dibidangnya merencanakan dan menjalankan program yang brilian-brilian tersebut:
1. Mengevaluasi Penerimaan dan Pengeluaran Periode Sebelumnya
2. Melihat Situasi Pasar sekarang ini
3. Menyusun Rencana Kedepan dan Anggaran untuk Periode Berjalan (Anggaran Penjualan, Anggaran Pembelian, Anggaran Produksi, dan Anggaran lain sesuai kebijakan masing-masing korporasi)
4. Melakukan pengawasan secara berkelanjutan atas dana yang terserap dalam program yang dijalankan, Kinerja, dan lain sebagainya yang terkait

Oleh karena itu
tawaran hadiah yang diberikan pada iklan-iklan di TV atau fasilitas tambahan yang diberikan itu sudah direncanakan dan dianggarkan dengan baik. Itu memang beban bagi perusahaan dan akan menjadi pengurang laba. Tapi dana tersebut juga didapatkan dari penjualan yang terealisasi, spekulasi dana pihak ketiga dan kemampuan manajemen mengelola kas.

Inilah kejeniusan, kerja keras, kerja team, kecermatan, dan kehati-hatian (mengetahui kelebihan sendiri untuk dimanfaatkan dan dikelola secara baik untuk menghasilkan/STRONG, mengetahui kekurangan sendiri untuk dikendalikan dan diatasi dengan baik/WEAKNESS, melihat peluang di pasar dan langkah yang diambil/OPORTUNITY, menguraikan hambatan dan cara mengatasi/THREAD)

Kesimpulan:
Dari input yang sederhana bisa menghasilkan output yang memiliki nilai tambah yang jauh berbeda dari input yang sederhana tadi dan dapat dikelola dengan baik sehingga lahirlah program-program brilian tersebut.
Nilai dari seseorang itu di tentukan dari keberaniannya memikul tanggungjawab, mencintai hidup dan pekerjaannya.
Unknown

0 komentar: